Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Manfaat pisang untuk kesehatan. Salah satu buah yang paling gampang diperoleh di Indonesia yaitu pisang. Tidak mesti membelinya di gerai buah, banyak orang yang justru bisa dengan gampang mendapatinya di kebun-kebun ataupun taman yang dekat dengan rumah. Tidak hanya rasanya yang manis serta mengenyangkan, ahli kebugaran mengatakan bahwa pisang merupakan salah satu buah yang dapat memberikan khasiat kebugaran yang amat besar untuk badan.

manfaat-buah-pisang-untuk-kesehatan
manfaat pisang untuk kesehatan

Bermacam khasiat kesehatan dari makan pisang

Di dalam buah pisang ada banyak sekali nutrisi sehat semacam potasium, kalium, serat, zat besi, magnesium, serta bermacam jenis gizi. perihal ini membuatnya  masuk dalam daftar santapan superfood yang berlimpah akan khasiat kesehatan.

Berikut ini adalah bermacam khasiat kesehatan yang dapat diperoleh bila kita rutin konsumsi pisang.

1. Manfaat pisang untuk kesehatan otak

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, pada buah pisang terdapat kandungan kalium yang besar. Kandungan tersebut amat bagus untuk kesehatan otak, khususnya dalam meningkatkan fungsi otak. Kita akan menjadi lebih baik dalam berpikir, lebih berkonsentrasi, serta dapat meningkatkan daya ingat.

Tidak hanya itu, buah pisang juga memiliki kandungan magnesium yang cukup tinggi. Kandungan tersebut dapat berperan untuk meningkatkan fungsi otak yagn bisa menjadikan sel-sel di antara otak saling berkirim sinyal secara lebih baik. Magnesium akan memastikan reseptor n-methyl-d-aspartate (NMDA) yang dapat menciptakan kemajuan otak pada anak-anak makin optimal. Hal ini pula lah yang akan menciptakan keterampilan belajar serta daya ingat meningkat secara tajam.

2. Pisang dapat memberikan energi

Di dalam pisang ada kandungan alami gula serta serat yang dapat menjadikan badan lebih bertenaga. Dengan kata lain, apabila  kita komsumsi pisang sebagai cemilan maupun ketika sedang merasa lapar, akan menjadikan badan kembali berenergi guna mengerjakan bermacam jenis kegiatan.

Sebuah riset menyatakan jika mengkonsumsi 2 buah pisang dapat memebrikan energi yang cukup untuk berjalan selama kurang lebih 90 menit. Hal tersebut berarti, energi yang diberikan oleh buah ini memang lumayan besar.

3. Pisang dapat memperlancar saluran pencernaan

Pisang memiliki kandungan serat yang tinggi. Kandungan serat dikenal secara umum berguna untuk kesehatan pencernaan karena dapat mengatasi masalah seperti sembelit, perut kembung, dan juga masalah pencernaan lainnya. Jenis kandungan serat yang terdapat pada pisang adalah serat pektin yang dapat menekan resiko terjangkit kanker usus besar yang signifikan.

4. Mengendalikan kadar gula darah

Meskipun rasanya manis, buah pisang justru dapat membantu mengendalikan kadar gula darah atar tetap seimbang. Hal tersebut merupakan peranan dari kandungan serat pektin yang dapat membantu tubuh kita melakukan proses ini. Tidak hanya itu saja, dengan rutin mengkonsumsi pisang sebagai camilan juga dapat membantu menjaga asupan kalori dan gula tidak berlebihan.

American Diabetic Association menerangkan bahwa mengkonsumsi buah pisang secara teratur dapat mencegah penyakit diabetes secara efektif.

5. Kandungan antioksidan tinggi

Buah pisang memiliki kandungan antioksidan yang amat tinggi. Tidak hanya menjadikan sistem kekebalan tubuh meningkat dan melawan paparan radikal bebas, para ahli kesehatan juga menyebutkan kandungan antioksidan dapat meningkatkan produksi hormon dopamin dan katekin yang berguna untuk mencegah stres serta peradangan.

6. Diet sehat dengan pisang

Buah pisang menandung jenis karbohidrat resistant starch yang dapat menjadikan perut kenyang lebih lama. Hal tersebut menjadikan pisang sebagai asupan yang tepat sebagai menu makanan atau camilan yang dapat membantu proses penurunan berat badan secara efektif.

7. Pisang dapat mengatasi stres

Asam amino triptofan dan vitamin B6 yang dikandung pada buah pisang dapat membantu merangsang produksi hormon serotonin pada tubuh yang dapat menghilangkan stres, memperbaiki suasana hati, menjadikan pikiran dan tubuh lebih rileks, dan pada akhirnya berdampak pada perasaan yang lebih senang dan bahagia.


Demikianlah informasi dari 7 manfaat buah pisang untuk kesehatan, dengan mengonsumsi pisang secara teratur, kita dapat memperoleh berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa, menjaga tubuh tetap sehat dan bertenaga sepanjang hari.


Tag: #manfaatpisang #manfaatkulitpisang #khasiatmakanpisang #manfaatkulitpisang

Post a Comment for "7 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui"