Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Rekomendasi SEO Tools Terbaik

Rekomendasi seo tools terbaik. Untuk melakukan riset keyword/kata kunci, sudah barang tentu kita membutuhkan SEO tools terbaik yang bisa menentukan keyword dengan tepat dan optimal. Keyword SEO tools merupakan salah satu sarana penunjang yang sangat penting untuk melakukan riset kata kunci bagi kebutuhan digital marketing. Oleh karena itu, sebisa mungkin kita harus menggunakan keyword SEO tools yang terbaik agar dapat mengalahkan para kompetitor.

rekomendasi-seo-tools-terbaik
rekomendasi seo tools terbaik

10 Rekomendasi SEO Tools Terbaik Untuk Menemukan Kata Kunci Yang Tepat

Berikut ini adalah 10 rekomendasi keyword SEO tools terbaik yang bisa digunakan.


1. SEMRush

rekomendasi-seo-tools-terbaik
rekomendasi seo tools terbaik (semrush)

Bagi para SEO specialist, keyword tools yang satu ini terdengar sangat familiar. Bagaimana tidak, keyword tools ini sudah banyak sekali digunakan sebagai "senjata" untuk melakukan riset keyword dan kebutuhan SEO lainnya. Ketika Anda melakukan riset keyword di SEMrush, maka Anda akan diberikan 5-10 keyword yang sangat spesifik yang sebelumnya sudah digunakan oleh para kompetitor.

SEMrush pun memiliki fitur yang cukup banyak, yaitu:

  • Menganalisis tingkat kesulitan keyword serta memberikan informasi lalu lintas organik
  • Memberikan informasi keyword yang trending setiap tahunnya
  • Menemukan long tail keyword

Jika Anda ingin menggunakan SEMrush, Anda bisa memulai trial selama 7 hari tanpa dikenai tarif apapun. Namun, setelah trial 7 hari selesai Anda harus melakukan pembayaran/subscribe untuk dapat melanjutkan pemakaian SEMrush sebagai keyword SEO tolls.


2. Ahrefs

rekomendasi-seo-tools-terbaik
rekomendasi seo tools terbaik (ahrefs)

Selain SEMrush, Anda juga bisa menggunakan keyword SEO tools lain seperti Ahrefs sebagai "senjata" dalam melakukan riset keyword SEO dengan tepat dan optimal agar dapat menempati posisi di halaman pertama Google. SEO tools ini menyediakan laporan keyword yang cukup luas kepada para pengguna, sehingga Anda bisa memilih mana saja keyword yang sekiranya tepat untuk Anda gunakan.

Jika Anda menggunakan Ahrefs, Anda akan dapat mengetahui beberapa hal, yaitu:

  • Keyword difficulty score (nilai kesulitan kata kunci)
  • 1000+ keyword suggestions
  • Klik metrik guna meningkatkan CTR
  • dan informasi terkait SEO lainnya

Sama halnya seperti SEMrush, untuk bisa menggunakan Ahrefs Anda juga diwajibkan untuk membayar dengan nominal biaya tertentu.

Meski demikian, Ahrefs akan memberikan Anda begitu banyak fitur yang sangat lengkap sehingga Anda dapat memaksimalkan pencarian atau meriset keyword.


3. SECockpit

rekomendasi-seo-tools-terbaik
rekomendasi seo tools terbaik (secockpit)

Keyword tools satu ini bisa dibilang salah satu yang terbaik dan juga unik, yang patut Anda coba untuk melakukan riset keyword dan kebutuhan SEO. SECockpit memiliki keunikannya tersendiri jika dibandingkan dengan keyword tools lainnya yang beredar diluaran. Pasalnya, SECockpit memiliki fitur yang bisa memungkinkan Anda untuk mendapatkan begitu banyak data tren pencarian, kompetisi organik, dan perkiraan traffic. Dengan demikian, dapat dibilang bahwa SECockpit ini memang sudah dirancang untuk para SEO specialist yang sudah ahli di dalam bidang SEO. Bahkan para pemula atau pengguna baru pun tentunya dapat menggunakan keyword tools ini yang banyak memberikan kemudahan dari fitur-fiturnya dan juga menyimpan begitu banyak informasi yang wajib diketahui bagi orang-orang yang memang memiliki ketertarikan dalam bidang SEO.


4. SpyFu

rekomendasi-seo-tools-terbaik
rekomendasi seo tools terbaik (spyfu)

SpyFu bisa menjadi pilihan SEO tools untuk Anda yang berguna untuk menganalisis strategi SEO dari para kompetitor. Dengan keyword tools ini, Anda akan mendapatkan keyword yang tepat sehingga bisa memperoleh banyak keuntungan dari keyword tersebut. Tidak cuma itu saja, SEO tools ini juga bisa menunjukkan kepada Anda tinfkat difficulty score pada keyword tertentu serta perubahan ranking dari waktu ke waktu. Seperti halnya Ahrefs dan SEMrush, Anda wajib melakukan pembayaran terlebih dahulu untuk bisa menggunakan keyword SEO tools SpyFu.


5. Moz Keyword Explorer

rekomendasi-seo-tools-terbaik
rekomendasi seo tools terbaik (moz)

SEO tools yang satu ini tentunya sudah sangat familiar, apalagi bagi Anda yang sedang menggeluti dunia SEO saat ini. Moz akan menyajikan keyword yang out of the box dan diluar perkiraan yang dapat Anda gunakan untuk bersaing dengan para kompetitor, atau dalam artian bahwa keyword yang diberikan adalah yang tidak pernah Anda duga sebelumnya.

Dengan Moz, Anda bisa menemukan banyaknya pilihan keyword yang sangat cocok untuk Anda gunakan, baik itu untuk dapat mengalahkan para kompetitor ataupun meningkatkan ranking konten di halaman Google.

Jika Anda menggunakan Moz, Anda dapat mengetahui beberapa hal, yaitu:

  • Mendapatkan informasi related keyword dan tingkat kesulitannya
  • Organik CTR dan score untuk target keyword yang tepat
  • dan lain sebagainya

Moz memberikan trial atau masa percobaan penggunaan selama satu bulan gratis untuk Anda gunakan. Dalam sebulan, Anda akan diberikan sebanyak 10 query gratis. Setelah masa trial atau jumlah query tersebut sudah habis, maka Anda harus melakukan proses pembayaran untuk dapat menggunakan fitur lengkap lainnya yang yang disediakan oleh Moz.


6. KWFinder

rekomendasi-seo-tools-terbaik
rekomendasi seo tools terbaik (kwfinder)

Bisa dibilang salah satu keyword SEO tools terbaik yang dibuat dan dikembangkan oleh Mangools. Di KWFinder, Anda bisa melakukan riset dan akan diberikan keyword yang memiliki kesulitan rendah dengan mudah. Selain itu, interface yang dimilikinya pun cukup mudah digunakan.

Anda juga akan mendapatkan informasi statistik yang akurat terkait keyword competition, mendapatkan in-depth overview seputar SERP, serta keyword suggestion yang berhubungan dengan keyword yang Anda riset.


7. GrowthBar

rekomendasi-seo-tools-terbaik
rekomendasi seo tools terbaik (growthbar)

Jika Anda ingin melakukan riset keyword untuk mendapatkan suggestion serta langsung mendapatkan difficulty score-nya, maka Anda dapat mencoba menggunakan GrowthBar. Pada SEO tools ini Anda juga bisa melihat profil kompetitor yang berisi data backlink, organic keywords, informasi seputar Google dan Facebook ads yang digunakan, dan juga beragam insight lain yang diberikan.

Tidak hanya itu saja, SEO tools ini memiliki fitur unik outline generation yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan fitur tersebut, Anda akan mendapatkan informasi outline untuk konten website atau blog yang lengkap dengan keyword yang ingin kamu gunakan, header, link dan lainnya dengan hanya satu klik saja.

Hal tersebut menjadikan GrowthBar sebagai salah satu keyword SEO tools terbaik yang patut Anda coba.


8. Long Tail Pro

rekomendasi-seo-tools-terbaik
rekomendasi seo tools terbaik (longtailpro)

Long Tail Pro merupakan salah satu keyword SEO tools yang dapat membantu Anda mendapatkan long-tail keyword dengan mudah, karena memiliki teknologi metrik yang canggih dengan informasi yang detail.

Tidak cuma itu saja, Anda juga akan diberikan rekomendasi keyword untuk pemembuatan konten yang dapat digunakan untuk menarik banyak traffic.


9. Serpstat

rekomendasi-seo-tools-terbaik
rekomendasi seo tools terbaik (serpstat)

Keyword SEO tools ini adalah salah satu keyword tools terbaik yang memiliki berbagai macam fitur canggih.

Berikut adalah beberapa fiturnya:

  • Website analytics
  • Keyword research tool
  • SERP analysis
  • Backlink analysis
  • Rank tracker
  • Website audit

Hal tersebutlah yang menjadikan Serpstat sebagai salah satu SEO tools terlengkap yang bisa Anda gunakan.

Tidak hanya itu, Anda juga akan mendapatkan informasi terkait kompetisi organik dengan fitur competitor graph yang yang ada pada Serpstat.


10. Jaaxy

rekomendasi-seo-tools-terbaik
rekomendasi seo tools terbaik (jaaxy)

Dengan menggunakan Jaaxy, Anda akan diberikan ribuan related keywords dengan sangat cepat yang bahkan tidak bisa Anda ditemukan dalam keyword SEO tools lainnya.

Tidak cukup sampai disitu, dari keyword yang diberikan juga terdapat informasi seputar kompetisi, search volume, dan potential traffic-nya.


Nah, demikianlah informasi 10 keyword SEO tools terbaik yang perlu Anda pertimbangkan untuk melakukan riset kata kunci dan juga kebutuhan SEO lainnya.

Semoga informasi tersebut bermanfaat dan dapat membantu Anda untuk kebutuhan SEO dan riset keyword.

SEO tolls mana yang sudah Anda gunakan saat ini?

Atau Anda menggunakan SEO tools diluar dari list diatas?

#seo #seotools #keywordtools #katakunci 

Post a Comment for "10 Rekomendasi SEO Tools Terbaik"