Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menjaga Kesehatan Selama Ramadhan

Inditama Digital - Bulan Ramadan adalah momen yang tepat untuk mendidik seluruh umat Islam guna menjalani kehidupan yang lebih sehat, serta kendali penuh atas dirinya masing-masing dalam melawan hawa dan nafsu. Di bulan suci Ramadan ini juga mengajarkan umat Islam untuk dapat menjaga pola hidup yang lebih sehat dan sederhana dengan cara membatasi asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Dengan aktivitas ibadah puasa yang dilakukan setiap harinya sejak menjelang terbitnya fajar, hingga menjelang tenggelamnya matahari.

tips-menjaga-kesehatan-selama-ramadhan
tips menjaga kesehatan selama ramadhan

Apa Saja Tips Menjaga Kesehatan Selama Ramadhan Agar Badan Tetap Fit?

Berkurangnya asupan makan dan minum selama menjalankan ibadah puasa pada dasarnya bukanlah merupakan sesuatu yang terlalu sulit, karena sebagian orang sudah terbiasa menjalani puasa sunnah atau program diet dalam kesehariannya. Namun demikian, dibutuhkan upaya tersendiri agar bisa beradaptasi untuk dapat menjalani kebiasaan ini dengan konsisten selama satu bulan lamanya.

Dalam menjalani ibadah puasa selama sebulan penuh ini, tidak jarang membuat kesehatan sebagian orang menurun, hal tersebut adalah bagian dari respon tubuh yang berusaha beradaptasi dalam menjalani pola hidup yang diluar kebiasaannya.

Berikut ini adalah beberapa tips menjaga kesehatan selama Ramadan, dan juga bagian dari upaya agar tubuh kita tidak terganggu karena menjalani pola hidup yang diluar kebiasaannya.


1. Asupan sahur yang baik

Pola asupan sahur yang baik merupakan langkah awal dalam menjaga kesehatan tubuh kita untuk menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan.

Saat sedang sahur, sebaiknya kita mengkonsumsi makanan seperti buah dan sayur yang tinggi kandungan seratnya, dan sebisa mungkin kita menghindari makanan yang mengandung banyak lemak dan minyak karena dapat berpotensi untuk menyumbat aliran darah dan mengalami kantuk pada siang hari.

2. Pola makan saat berbuka

Menjaga pola makan saat berbuka dengan tidak makan secara berlebihan merupakan anjuran yang diajarkan oleh Rasulullah SAW selama menjalankan ibadah puasa.

Rasulullah SAW telah mengajarkan kita bahwa berbukalah dengan makanan yang manis, dan dengan jumlah yang secukupnya agar tidak penuh sesak dalam perut serta tidak menimbulkan kantuk. Karena setelah berbuka puasa kita harus melanjutkan ibadah shalat Magrib, Isya dan juga shalat tarawih.

3. Menjaga pola makan malam

Salah satu cara demi menjaga pola makan malam yang baik adalah dengan cara menjaga jumlah porsi makan yang tidak terlalu banyak, dan sebaiknya disuaikan dengan kebutuhan saja.

Dalam menjaga asupan makan malam ini juga merupakan bagian dari menjaga diri kita dari meningkatnya gula darah berlebihan yang dapat menimbulkan penyakit diabetes serta mengurangi resiko obesitas karena asupan yang berlebihan.

4. Melakukan aktivitas fisik 30 Menit

Dalam menjalani aktivitas ibadah puasa selama bulan Ramadan akan memberikan efek lemas yang disebabkan kurangnya asupan nutrisi yang masuk kedalam tubuh. Namun efek malas tersebut bisa kita tanggulangi dengan cara melakukan aktivitas fisik dengan berolahraga ringan selama minimal 30 menit dalam sehari.

Beberapa aktivitas fisik atau olah raga ringan yang biasanya dilakukan selama menjalani ibadah puasa diantaranya adalah jogging, stretching, atau melakukan workout tanpa harus keluar rumah, ataupun membutuhkan tempat yang luas.

5. Menjaga pola tidur

Waktu tidur yang cukup merupakan hal yang harus terus disesuaikan dengan kebiasaan selama menjalani kegiatan sahur.

Dikarenakan kita menjalani aktivitas sahur yang dilakukan pada dini hari sebelum terbit fajar, alangkah baiknya jika kita bisa tidur lebih awal agar tetap bisa mendapatkan waktu tidur yang cukup, yang idealnya adalah selama 7-8 jam dalam sehari.


Demikianlah tips menjaga kesehatan selama ramadhan yang dapat dijadikan kebiasaan demi menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh kita agar tidak sakit selama menjalani ibadah puasa di bulan suci Ramadan ini.

Semoga informasi diatas dapat berguna dan memberikan manfaat positif.

#tipspuasa #ramadhan #menjagakesehatan #puasaramadhan #ibadahpuasa

Post a Comment for "Tips Menjaga Kesehatan Selama Ramadhan"